PEMBAHASAN PRIORITAS PEMBANGUNAN DAERAH DAN TARGET INDIKATOR MAKRO PROVINSI RIAU DAN KABUPATEN KOTA TAHUN 2022

Admin Website 02-02-2021 Artikel dan Kegiatan Berita Bidang Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah dibaca : 63 kali

Rapat Pembahasan Prioritas Pembangunan Daerah Tahun 2022 dibuka oleh Kepala Bappedalitbang Provinsi Riau pada Selasa, 2 Februari bertempat di ruang rapat Drs. Parlaungan HS, Lantai III Bappeda Provinsi Riau. Sebagai moderator dalam rapat tersebut adalah Bpk. Yuliasman, Fungsional Perencana Madya yang memimpin diskusi 6 prioritas pembangunan yang tercamtum dalam tema RKPD Provinsi Riau Tahun 2022 “Meningkatkan kemandirian ekonomi berbasis industri, pertanian dan pariwisata dengan tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang prima”.

          Beberapa permasalahan yang mencuat dalam pembahasan tersebut pada sektor pertanian antara lain; masih rendahnya produktivitas tanaman pangan dan hortikultura, luas tanam dan luas panen semakin menurun,  sarana dan prasarana yang belum memenuhi kebutuhan, serta belum optimalnya penerapan teknologi pertanian. Sementara dalam mewujudkan pariwisata yang berkelanjutan di provinsi riau masih juga dijumpai  isu-isu strategis seperti masih banyak destinasi wisata di Provinsi Riau yang belum memenuhi standar, masih kurangnya dukungan infrastruktur dan kualitas promosi pariwisata yang belum mumpuni. 

          Dengan demikian arah kebijakan pembangunan pada tahun 2022 difokuskan pada upaya-upaya menjawab  permasalahan dan isu strategis sejalan dengan pencapaian visi dan misi Pembangunan Provinsi Riau “Riau BERSATU”.  Untuk itu Pemerintah Provinsi Riau telah menetapkan indicator-indikator makro tahun 2022 yang akan dicapai bersama dengan pemerintah kabupaten/kota, adalah sebagai berikut :

  • Pertumbuhan Ekonomi 3,06 %
  • Tingkat Kemiskinan 6,5%
  • TPT 5,89%
  • IPM 73,23
  • Gini Ratio 0,272