Kegiatan FGD dan Kunjungan Lapangan RKP DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar Tahun 2019

Titi Lestari 27-08-2019 Artikel dan Kegiatan

FGD Pemantauan Pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) dalam Konteks Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Bidang Pasar Tahun 2019 di Provinsi Riau, yang dilaksanakan pada tanggal 26 - 27 Agustus 2019. Dengan Mengacu pada Permen Pedagangan RI Nomor 84 Tahun 2018 Petunjuk Operasional Standar Teknis Kegiatan Bidang Pasar Menu Kegiatan Pembangunan / Revitalisasi Pasar Rakyat Melalui Dana Alokasi Khusus.

Rencana Kerja Pemerintah (RKP) merupakan upaya menjaga kesinambungan pembangunan secara terencana dan sistematis yang tanggap akan perubahan. Dana Alokasi Khusus (DAK) merupakan dana yang bersumber dari pendapatan APBN yang dialokasikan kepada Daerah tertentu dengan tujuan untuk membantu mendanai kegiatan khusus yang merupakan urusan Daerah dan sesuai dengan Prioritas Nasional.

Adapun agenda yang dilaksanakan selama 2 hari bersama Tim Bappenas sebagai berikut :

Senin 26 Agustus 2019, berkokasi di Provinsi Riau dengan kegiatan Penyediaan Peralatan Uji Mutu Barang BPSMB Provinsi Riau dan Revitalisasi di lakukan pada Kota Pekanbaru yang berlokasi di Pasar Inpres Agus Salim, dengan alokasi dana untuk Kota Pekanbaru Tahun 2019 sebesar Rp. 3.882.997.000 .

Selasa 27 Agustus 2029, berlokasi di Kab.Pelalawan dengan kegiatan Pembangunan Pasar Segati, dengan alokasi dana untuk Kab. Pelalawan Tahun 2019 sebesar Rp. 2.707.829.000.

Adapun tujuan Pemantauan RKP di daerah dalam konteks Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Penugasan Bidang Pasar di tahun 2019 :

1. Mengidentifikasi keterkaitan antara dokumen Rencana Kerja Pemerintah Pusat dan Daerah serta peran DAK didalamnya khususnya pada tema DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar;

2. Menilai kemajuan pelaksanaan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2019 di daerah dalam konteks DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar;

3. Mengidentifikasi isu-isu hambatan dan permasalahan kesenjangan perencanaan RKP dan RKPD dalam konteks DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar serta progres pelaksanaannya.

Adapun sasaran yang ingin dicapai dari kegiatan kunjungan lapangan dalam rangka Pemantauan RKP di daerah DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar tahun 2019 adalah:

1. Tersedianya laporan pemantauan yang memuat analisis mengenai keterkaitan dokumen RKP dan RKPD tahun 2019 dalam konteks implementasi DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar termasuk kemajuan dan hambatan pelaksanaannya;

2. Tersedianya laporan pemantauan yang memuat isu strategis berdasarkan pelaksanaan DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) 2019 di daerah termasuk capaian hasil (outcome), dampak dan manfaat pelaksanaan kegiatan DAK Fisik Penugasan Bidang Pasar.