Rapat Asistensi dan Supervisi Persiapan Penyusunan KLHS RPJMD

Administrator 10-10-2019 Artikel dan Kegiatan

Rapat Asistensi dan Supervisi Persiapan Penyusunan KLHS RPJMD dilaksanakan pada Hari Selasa tanggal 9 Oktober 2019 di Hotel Premiere Pekanbaru. Acara dihadiri oleh Direktur SUPD I Kementerian Dalam Negeri RI (Bapak Drs. Nyoto Suwignyo, MM, Ibu Ety Setyorini, dan Ibu Dyah Sihirawati), Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau, Winrock International (Bapak Arif), Sekretaris Daerah dan Kepala Bappeda/Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kab/Kota Provinsi Riau, Akademisi dan peserta lainnya. Rapat dibuka oleh oleh Plt. Asisten II Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam Provinsi Riau.

 

Dalam penyusunan RPJMD, salah satu dokumen yang harus diperhatikan adalah dokumen hasil Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS). KLHS RPJMD merupakan analisis sistematis, menyeluruh, dan partisipatif yang menjadi dasar untuk mengintegrasikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (TBP) ke dalam dokumen RPJMD.

 

Narasumber pada acara tersebut berasal dari Kementerian Dalam Negeri Pusat Pengendalian Pembangunan ekoregion Sumatera, Kementerian LHK, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Riau dan akademis

 

Penyusunan KLHS RPJMD berpedoman kepada Permendagri Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembuatan dan Pelaksanaan Kajian Lingkungan Hidup Strategis dalam Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah. Pengkajian pembangunan berkelanjutan akan menghasilkan gambaran kondisi pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan yang menjadi dasar untuk merumuskan skenario pembangunan berkelanjutan.

 

Penyusunan KLHS RPJMD yang akan dilakukan kabupaten/kota di Provinsi Riau yang melaksanakan mengadakan pilkada serentak pada Tahun 2020 dan kemudian KLHS RPJMD tersebut dijadikan acuan dan bahan pertimbangan dalam perumusan kebijakan rencana pembangunan daerah dalam RPJMD.