Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Riau Bappedalitbang Provinsi Riau

Pejabat dan uraian tugas pokok & fungsi Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Riau Bappedalitbang Provinsi Riau sesuai dengan Peraturan Gubernur No. 91 Tahun 2016 tentang Kedudukan, Susunan Organisasn, Tugas dan Fungsi serta Tata Kerja Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Provinsi Riau

SUPRIADI, S.Hut., MT

Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Riau

ASNAN, S.Sos

Kasubbag. Umum dan Kepegawaian

SYAHRIAL, S.Sos., M.AP

Kasubbag. Keuangan dan Perlengkapan

AULIA FACHRANI NASUTION, S.Sos

Kasubbag. Perencanaan Program

Sekretaris mempunyai tugas menyelenggarakan Perencanaan Program, Keuangan dan Perlengkapan, Kepegawaian dan Umum meliputi ketatausahaan, organisasi ketatalaksanaan, kehumasan, hukum, evaluasi dan pelaporan, serta koordinasi pelaksanaan tugas Badan Perencanaan Pembangunan Daerah.

Untuk melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Sekretaris menyelenggarakan fungsi:

    1. penyusunan program kerja dan rencana operasional pada Sekretariat;
    2. penyelenggaraan koordinasi, fasilitasi dan memeriksa hasil pelaksanaan tugas di lingkungan Sekretariat;
    3. penyelenggaraan pemantauan, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas sesuai dengan tugas yang telah dilaksanakan secara berkala kepada kepala Dinas;
    4. pelaksanaan tugas kedinasan lain yang diberikan pimpinan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya.


    Kepala Subbag. Perencanaan Program memiliki tugas:

    • merencanakan dan penganggaran program/kegiatan pada Subbagian Perencanaan Program;
    • membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil   pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Subbagian Perencanaan Program;
    • melaksanakan koordinasi dan fasilitasi pelaksanaan tugas di lingkungan Subbagian Perencanaan Program;
    • menyiapkan bahan dan menghimpun usulan rencana program/kegiatan dari masing-masing bidang;
    • melaksanakan penyusunan Rencana Strategis (Renstra), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD), Perjanjian Kinerja, Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) unit kerja;
    • melaksanakan koordinasi penyusunan Standar Operasional  Prosedur (SOP);
    • mempersiapkan bahan-bahan untuk pra-rapat koordinasi dan rapat koordinasi  musyawarah perencanaan pembangunan, musyawarah perencanaan pembangunan nasional serta rapat koordinasi teknis;
    • Melakukan pemantauan, evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan pada Subbagian Perencanaan Program;
    • Melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya.


    Kepala Subbag. Umum & Kepegawaian memiliki tugas:

    • merencanakan dan penganggaran program/kegiatan pada Subbagian Kepegawaian dan Umum;
    • membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil   pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Subbagian Kepegawaian dan Umum;
    • mengagendakan dan mendistribusikan surat menyurat;
    • melaksanakan fasilitasi administrasi kepegawaian;
    • melaksanakan koordinasi penyusunan Analisa Jabatan  (ANJAB), Analisa Beban Kerja (ABK), peta  jabatan, proyeksi kebutuhan pegawai, standar kompentensi, dan evaluasi jabatan;
    • melaksanakan proses penegakan disiplin pegawai;
    • membuat laporan perkembangan kepegawaian;
    • menyelenggarakan urusan kehumasan;
    • melaksanakan dan mengatur fasilitas rapat, pertemuan dan upacara, serta melakukan kegiatan keprotokolan dan administrasi perjalanan dinas;
    • melaksanakan pengadaan sarana dan prasarana kantor;
    • mengumpulkan, menyusun dan mengolah bahan data informasi untuk kepentingan masyarakat;
    • melaksanakan pemeliharaan sarana dan prasarana kantor, kebersihan, keindahan, keamanan dan ketertiban kantor;
    • melakukan pemantauan, evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan pada Subbagian Kepegawaian dan Umum;
    • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya.


    Kepala Subbag. Keuangan dan Perlengkapan memiliki tugas:

    • merencanakan dan penganggaran program/kegiatan pada Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
    • membagi tugas, memberi petunjuk dan memeriksa hasil   pelaksanaan tugas bawahan di lingkungan Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
    • mengelola keuangan dan penyiapan pembayaran gaji pegawai;
    • melakukan urusan perbendaharaan dan akuntasi keuangan dan aset;
    • melaksanakan penyelesaian tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atau pemutakhiran data hasil pemeriksaan pelaksanaan kegiatan;
    • melaksanakan proses administrasi Tuntutan Perbendaharaan dan Tuntutan Ganti Rugi (TP-TGR);
    • melakukan pembinaan dan memberikan petunjuk teknis pengelolaan keuangan dan aset;
    • melaksanakan verifikasi dan pertanggungjawaban  anggaran;
    • menyiapkan dokumen rencana kebutuhan dan penganggaran barang milik daerah;
    • melakukan urusan pengurusan barang milik daerah yang berada pada penguasaan pengguna barang;
    • melakukan fasilitasi rencana umum pengadaan barang dan jasa unit kerja;
    • melakukan pemantauan, evaluasi dan membuat laporan pelaksanaan tugas dan kegiatan pada Subbagian Keuangan dan Perlengkapan;
    • melaksanakan tugas kedinasan lain yang diberikan atasan baik lisan maupun tertulis sesuai tugas dan fungsinya.